Informasi tentang bisnis dan menejemen kantor

Tips Memilih Bahan Bakar Untuk Mobil


 Pemakaian bahan bakar untuk mobil mesti sesuai sama spesifikasi mesin, rasio kompresi pada mesin bakal memastikan bahan bakar type apa yang pas untuk mesin itu. Lantaran bila kita memakai bbm yang tidak cocok dengan ketetapan yang di sarankan, terkecuali dapat menyebabkan boros bahan bakar, dapat pula mengakibatkan bunyi ngelitik pada mesin.

Sebatas info harga bahan bakar (BBM) /hari ini alami penurunan harga. Mulai 1 Maret 2016, PT Pertamina (Persero) menurunkan harga bensin Pertamax cs. Untuk harga bensin Premium serta Solar tak turun lantaran perubahannya adalah kewenangan dari pemerintah, harga Pertamax Cs telah turun mulai sejak jam 00. 00 awal hari tadi, harga Pertamax Cs turun rata-rata Rp 200/liter.

Tersebut daftar pergantian harga Pertamax Cs :

Pertamax dari Rp 8. 150/liter jadi Rp 7. 950/liter
Pertamax Plus dari Rp 9. 050/liter jadi Rp 8. 850/liter
Pertalite turun dari Rp 7. 600/liter jadi Rp 7. 500/liter
Pertamina Dex turun dari Rp 9. 000/liter jadi Rp 8. 800/liter
Pertamina Dex turun dari Rp 9. 000/liter jadi Rp 8. 800/liter
Pilih bahan bakar sesuai sama keperluan rasio kompresi pada mesin. Dari kandungan oktan serta harga, pertalite diposisikan diantara premium, pertamax, serta pertamax plus. Untuk mengingatkan kembali ketidaksamaan empat type bahan bakar itu, tersebut penjelasan tentang ciri-ciriistik sebagian type BBM yang di pasarkan di Indonesia berdasar pada data yang dikumpulkan Litbang Okezone. kendaraan anda akan tetap stabil jika menggunakan bahan bakar berkualitas serta anda selalu melakukan pengecekan secara berkala, selain itu dengan menggunakan bahan bakar yang bagus mesin anda di pastikan terhindar dari yang namanaya turun mesin. gunakan selalu pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan yang  akan membuat kendaraan anda selalu dalam keadaaan stabil dan aman.

Premium

Premium atau umum dimaksud bensin adalah BBM type distilat yang mempunyai warna kekuningan yang jernih. Premium memiliki kandungan RON 88, terendah diantara tiga type BBM kendaraan bermotor yang di pasarkan di Indonesia.

Sebagai BBM dengan nilai oktan terendah, premium memiliki sebagian kekurangan, yakni :

Dari segi tehnologi, pemakaian premium dalam mesin berkompresi tinggi bakal mengakibatkan knocking. Premium didalam mesin kendaraan bakal terbakar serta meledak tidak cocok gerakan piston. Knocking mengakibatkan tenaga mesin menyusut hingga berlangsung pemborosan atau inefisiensi.
Dari segi keuangan, knocking berkelanjutan menyebabkan rusaknya pada piston hingga komponen itu lebih cepat ditukar.
Memakai penambahan pewarna.
Membuahkan NOx serta Cox dalam jumlah besar.
Produksi premium semakin banyak komponen lokal.
Pertamax
kendaraan yang tahan lama dan awet selalu di pengaruhi oleh bbm berkualitas, jika kendaraan anda ingin tetap stabil, selalu gunakan bahan bakar berkualitas karena itu akan mempengaruhi kecepatan kendaraan anda.
Pertamax adalah BBM yang di buat memakai penambahan zat aditif. Sebatas di ketahui, pertamax pertama kalinya di luncurkan pada 1999 sebagai pengganti premix 98 lantaran unsur MTBE yang beresiko untuk lingkungan. Pertamax begitu dianjurkan dipakai pada kendaraan bermotor yang di produksi sesudah 1990, terlebih kendaraan yang memakai tehnologi electronic fuel injection (EFI) serta catalytic converters (pengubah katalitik). Pertamax di jual di market dengan harga lebih tinggi dibanding premium.

Sebagai BBM yang di jual dengan harga market lebih tinggi dari premium, pertamax mempunyai sebagian kelebihan, yaitu :

Bebas timbal.
Nilai atau kandungan RON 92, lebih tinggi dari premium.
Pertamax bisa terima desakan pada mesin berkompresi tinggi hingga bisa bekerja dengan maksimal pada gerakan piston. Akhirnya, tenaga mesin yang memakai pertamax lebih optimal.
Diperuntukkan untuk kendaraan yang memakai bahan bakar beroktan tinggi serta tanpa ada timbal.
Membuahkan NOx serta Cox dalam jumlah yang amat sedikit di banding premium.
Pertamax Plus

Pertamax plus adalah type BBM yang sudah penuhi standard performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Pertamax plus umumnya dipakai pada kendaraan yang mempunyai rasio kompresi minimum 10, 5, dan memakai tehnologi electronic fuel injection (EFI), variable valve timing intelligent (VVTI), VTI, turbochargers, serta catalytic converters.

Sebagian kelebihan BBM type pertamax plus, yakni :

Bebas timbal.
RON 95, lebih tinggi dari awalx.
Pertamax plus dapat terima desakan pada mesin berkompresi tinggi hingga bisa bekerja dengan maksimal pada gerakan piston. Pemakaian BBM lebih maksimal di banding premium serta pertamax.
Dapat bersihkan timbunan deposit pada fuel injector, inlet valve, serta ruangan bakar yang bisa menurunkan performa mesin kendaraan, dan dapat melarutkan air didalam tangki mobil hingga bisa menghindar karat serta korosi pada saluran serta tangki bahan bakar.
BBM ini diperuntukkan untuk kendaraan berteknologi tinggi serta ramah lingkungan.
Toluene sebagai peningkat oktannya.
Membuahkan NOx serta Cox dalam jumlah yang amat sedikit di banding BBM lain.
Pertalite

Pertalite adalah BBM berkualitas baru yang di luncurkan Pertamina diakhir Juli untuk penuhi Surat Ketentuan Dirjen Migas Kementerian Daya serta Sumber Daya Mineral Nomer 313 Th. 2013 mengenai Spesifikasi BBM RON 90. Dari segi tehnologi, sesungguhnya kendaraan roda empat di Indonesia rata-rata dapat konsumsi BBM RON 90-92.

Sebagian kelebihan pertalite versus Pertamina yaitu :

Lebih bersih daripada premium lantaran mempunyai RON diatas 88.
Di bandrol dengan harga lebih murah dari awalx.
Mempunyai warna hijau dengan tampilan visual jernih serta jelas.
Tak ada kandungan timbal dan mempunyai kandungan sulfur optimal 0, 05 % m/m atau setara dengan 500 ppm.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Memilih Bahan Bakar Untuk Mobil"

 
Template By Kunci Dunia Thanks to siCamel
Back To Top